Berita Terkini

PELAKSANAAN UPACARA HUT MAHKAMAH AGUNG KE 73

Palabuhanratu. Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI yang ke-73, Sekretaris Mahkamah Agung A.S. Pudjoharsoyo mengintruksikan kepada seluruh pengadilan pada empat lingkungan peradilan untuk menyelenggarakan upacara bendera pada hari Minggu tanggal 19 Agustus 2018 dengan tema “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi”.

Pengadilan Agama Cibadak bersama Pengadilan Negeri Cibadak melaksanakan Upacara HUT Mahkamah Agung ke 73 di halaman Kantor Pengadilan Negeri Cibadak.

Dalam pelaksaanaan Upacara Bertindak sebagai Pembina Upacara yaitu Ketua Pengadilan Negeri Cibadak.  Dalam amanatnya beliau membacakan sambutan tertulis Ketua Mahkamah Agung RI yang dalam salah satu alineanya menyebutkan bahwa tantangan untuk mewujudkan lembaga peradilan yang unggul dengan salah satu parameternya yaitu peradilan yang efektif dan efisien bukanlah pekerjaan yang mudah.


Mahkamah Agung mendorong pemanfaatan teknologi informasi sebagai bagian dari modernisasi lembaga peradilan yang dapat membantu mengatasi segala hambatan dan rintangan demi tercapainya peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan. Penerapan teknologi informasi diyakini memberikan keuntungan dari segi kecepatan, konsistensi, ketepatan dan keandalan.

Setelah Pelaksanaan Upacara Hut Mahkamah Agung ke 73, Pengadilan Agama Cibadak mengadaan acara Perlombaan - perlombaan yang dikuti seluruh Keluarga Pengadilan Agama Cibadak.

 

 

HUT KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE 73

Palabuhanratu, Jum'at, 17 Agustus 2018 bertempat di halaman kantor Pengadilan Agama CIbadak  dilaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tepat pukul 08.00 WIB. Upacara diikuti oleh seluruh Hakim, Para Pejabat Struktural, fungsional dan karyawan, karyawati Pengadilan Agama Cibadak.

       Pelaksanaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 di Pengadilan Agama Cibadak, bertindak sebagai Inspektur Upacara Bapak Drs Usman Ali S.H menyampaikan Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya \. Kemerdekaan yang sekarang dirasakan adalah jasa besar mereka. Sudah sepatutnya kita mengenang dan menghargainya melalui Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus ini.

Dalam Pelaksanaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 di Pengadilan Agama Cibadak diadakan pemberiaan Satya Lencana kepada pegawai yang sudah mengabdi sebagai ASN selama 30 Tahun dan 20 Tahun.

 

 

Rapat Pembinaan Pengadilan Agama Cibadak

         Pada Tanggal 03 Agustus 2018 bertempat di Ruang Rapat Pimpinan Pengadilan Agama Cibadak, dilaksanakannya rapat pembinaan yang dihadiri seluruh Pegawai Pengadilan Agama CIbadak  merupakan tindak lanjut dari pembinaan Bapak Dirjen Badilag di Ciater Subang. 

         Dalam rapat tersebut Pak Ketua Pengadilan Agama Cibadak menyampaikan yaitu Keluarga Pengadilan Agama Cibadak harus Kuat Team Work nya dan mempertahankan hal - hal yang baik. Alhamdulillah berkat kerja keras bersama Pengadilan Agama mendapatkan penilaian yang memuaskan. Ketua Pengadilan Agama Cibadak  menyampaiakan pesan dari Bapak Dirjen Badilag untuk meningkatkan beberapa hal yaitu :

1. Penyelesaian perkara tepat waktu

2. Minutasi satu hari ( one day minutation )

3. Publikasi putusan satu hari ( one day publish )

4. administrasi perkara secara elektronik ( e - court )

5. Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM


TIM PTWP PENGADILAN AGAMA CIBADAK KEDATANGAN TIM PTWP 
PENGADILAN TINGGI JAWA BARAT

Tim Persatuan Tenis Warga (PTWP) Pengadilan Agama Cibadak pada hari Jumat tanggal 20 Juli 2018 telah kedatangan Tamu dari Persatuan Tenis Warga Peradilan ( PTWP) Pengadilan Tinggi Jawa Barat dalam rangka latih tanding ( Try Out) guna persiapan Turnamen PTWP Mahkamah Agung ke XVII tanggal 11 sampai dengan tanggal 16 September 2018 di Denpasar Bali.

Latih tanding tersebut bertempat di Lapangan Tenis Hotel Augusta Palabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi, dimulai jam 07.00 sampai diengan jam 17.00 dengan dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat, Hakim Tinggi Jawa Barat, Ketua Pengadilan Negeri Cibadak, para hakim Pengadilan Agama Cibadak dan Pengadilan Negeri Cibadak, para Pemain Tim inti PTWP Daerah Pengadilan Tinggi Jawa Barat dan para pemain tenis Pengadilan Agama cibadak. Pengadilan Negeri Cibadak dan para pemain Pelti Kabupaten Sukabumi serta para Pegawai Pengadilan Negeri Cibadak.

Bahwa yang memperkasai latih tanding ini adalah PTWP Pengadilan Agama Cibadak dan Pengadilan Negeri Cibadak, dalam rangka ajang silaturahmi, sebelum pertandingan dimulai, diawali dengan sambutan dari Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat;

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat, bahwa latih tanding ini sebagai ajang kunjungan dan silaturahmi dan untuk menguji kekuatan Tim PTWP Daerah Pengadilan Tinggi Jawa Barat untuk persiapan Turnamen PTWP tingkat Nasional Mahkamah Agung ke XVII di Bali pada tanggal 11 sampai dengan tanggal 16 September 2018 di Bali ,

Mudah-mudah dengan latih tanding ini menjadi bahan Evaluasi pelatih dan meningkatkan kerjasama Tim PTWP Daerah Pengadilan Tinggi Jawa Barat yang bertanding di Bali nanti, dan saya mengucapkan terima kasih kepada Tim PTWP Pengadilan Agama Cibadak dan Pengadilan Negeri Cibadak yang telah mempasilitasi acara latih tanding ini dengan sukses.

Setelah Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat selesai memberikan sambutan, kemudian Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat membuka acara latih tanding secara resmi;

UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA

1 JUNI 2018

Pada hari Jumat Tanggal 01 Juni 2018 bertempat di halaman Kantor Pengadilan Agama Cibadak, dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Yang dikuti Warga Pengadilan Agama Cibadak. 

Dalam upacara tersebut, Ketua Pengadilan Agama Cibadak  membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo dalam rangka upacara peringatan hari lahir Pancasila. "Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita," ujar Sandiaga mengutip sambutan Jokowi. Dalam sambutan Jokowi tersebut, Ketua Pengadilan Agama Cibadak menyampaikan, semangat dan energi kebersamaan diharapkan mampu membuat Indonesia berprestasi dan memenangkan kompetisi. "Saya yakin semangat berprestasi itu tertanam kuat di dada para atlet kita untuk mengibarkan bendera merah putih di Asian Games dan Asian Paragames yang diselenggarakan tahun ini," 



 

 

 

 

 Pelaksanaan Kegiatan

PENILAIAN EKSTERNAL

SERTIFIKASI AKREDITASI PENJAMINAN MUTU

DI PENGADILAN AGAMA CIBADAK

Pengadilan Agama Cibadak kedatangan Tim Penilaian Eksternal SAPM yang dimulai dari tanggal 14 - 16 Mei 2018, Tim Assemment Eksternal SAPM terdiri dari Assesoir : Bapak  Rusli S.M M.H dan Pendamping Assesoir :  Bapak Drs. Muhammad Yamin, M.H dan Rahmat Setiawan S.H

Didalam Opening Meeting bertempat Di ruangan Serbaguna PA Cibadak, Tim Penilaian Eksternal SAPM menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan oleh warga Pengadilan Agama Cibadak, mengatakan kedatangan Tim ini bukan untuk menggurui tetapi bersama - sama  belajar untuk meningkatkan kualitas baik secara administrasi dan pelayanan ke para pencari keadilan. Semoga niat baik akan menghasilkan hasil yang baik.

Ketua Pengadilan Agama Cibadak menyampaiakan sambutannya, mengucapkan terimakasih atas kedatangan para Tim Penilaian Eksternal semoga Hasil Teman - Teman sudah berjuang dalam pelaksanaan SAPM di Pengadian Agama Cibadak mendapat penilaian yang baik.

 

 

 

 

 

 

Pelaksanaan Sidang  ISTBAT Keliling di Desa Dharmaraja Kec. Warungkiara Kab. Sukabumi

        Pada Hari Jumat Tanggal  04 Mei 2018, bertempat di Balai Desa Dharmaraja Kec. Warungkiara Kab. Sukabumi, dilaksanakan Sidang Istbat Keliling, Hasil Kerja sama Pengadilan Agama Cibadak , Dinas Dukcapil Kab Sukabumi dan Kantor Desa Dharmaraja, dalam pelaksanaan ini langsung dihadiri Ketua Pengadilan Agama Cibadak Bapak Drs Asep Mujtahid M.H. Dalam Sambutannya Beliau menyampaikan terima kasih atas sambutannya dan  Pihak - pihak yang ikut dalam pelaksanaan program ini. Program ini merupakan program rutin yang dilaksanakan untuk meingkatkan pelayanan publik di wilayah Kabupaten Sukabumi.

      

          Program Pelaksanaan ISTBAT Keliling merupakan sekaligus penyuluhan sadar hukum, Ketika kita memutuskan untuk menikah ada aturan negara yang harus dpenuhi, harus di catat oleh negara, kita pernikahan kita tidak tercatat di negara akan mempersulitkan kita dikemudian ketika mengurus administrasi - administrasi negara.

Pelaksanaan Sidang  ISTBAT Keliling di Balai Desa Dharmaraja Kec. Warungkiara Kab. Sukabumi diikuti oleh 55 Pasangan Suami Istri

                 Alhamdulillah kegiatan ini terlaksanakan sebagaimana mestinya dan pelaksanaan Sidang ISTBAT Keliling Pada Pengadilan Agama Cibadak akan dilaksanakan di wilayah yang jauh dari Kantor Pengadilan Agama Cibadak di Palabuhan ratu

 

 

Ketua Pengadilan Agama Cibadak menghadiri Acara Festival Hari Nelayan Palabuhanratu ke 58

       Pada Hari Kamis Tanggal 05 April 2018, Kabupaten Sukabumi tempatnya di Palabuhanratu dilaksanakan Festival hari Nelayan Palabuhanratu ke 58. Acara ini juga dihadiri juga Wakil Ketua Komisi X yaitu Ibu Dr Reni Marlina beserta Forkopindo Kab. Sukabumi

Festival Hari nelayan Pelabuhan Ratu adalah pesta syukuran hajatan laut masyarakat nelayan Palabuhan Ratu, Sukabumi, Tatar Pasundan. Pesta nelayan ini dilaksanakan dengan prosesi budaya bahari masyarakat Sunda pesisir dan turut dimeriahkan dengan serbaneka kesenian lokal seperti disimbolkan dalam tari-tarian yang mengiringi sepasang raja dan ratu yang diarak di atas pedati sebagai simbol penguasa Ratu Pantai Selatan. Pesta syukuran atas keberlimpahan hasil laut yang berada pada titik koordinat 6° 58' 53" S, 106° 32' 17" E ini dipungkas dengan acara puncak yaitu pelepasan ribuan tukik, anak penyu, ke lautan bebas

 

 

Penyuluhan Hukum tentang Kekerasan dalam Rumah Tangga

          Pada tanggal 27 Maret 2018 bertempat di Balai Desa  Ds. Sangrawayang Kec. Simpenan Kab. Sukabumi. dilaksanakan penyuluhan Hukum Tentang Kekerasan dalam Rumah Tangga, berkat kerja sama antara Pemerintah Kabupaten dan Pengadilan Agama Cibadak. Bertindak sebagai narasumber yaitu Ketua Pengadilan Agama Cibadak Bapak Drs Asep Mujtahid.

Dalam pemaparan tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga, Ketua Pengadilan Agama Cibadak  menyampaikan bahwa kekerasan dalam rumah tangga adalah setiap perbuatan terhadap seseorang terutama perempuan, yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis dan/atau penelantaran rumah tangga, termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan, pemaksaan atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum dalam lingkup rumah tangga. Adapun tujuan dari penghapusan kekerasan dalam rumah tangga adalah mencegah segala bentuk kekerasan dalam rumah tangga, melindungi korban kekerasan dalam rumah tangga, menindak pelaku kekerasan dalam rumah tangga dan memelihara keutuhan rumah tangga yang harmonis dan sejahtera.

Bentuk larangan KDRT yaitu kekerasan fisik, kekerasan psikis, kekerasan seksual, serta penelantaran rumah tangga. Masyarakat juga harus berperan dalam upaya pencegahan kekerasan dalam rumah tangga dengan mencegah terjadinya tindak pidana, memberikan perlindungan dan  pertolongan darurat kepada korban KDRT serta membantu proses pengajuan permohonan penetapan perlindungan.

Korban berhak melaporkan secara langsung kekerasan dalam rumah tangga kepada kepolisian, dapat memberikan kuasa kepada keluarga atau orang lain untuk melaporkan KDRT kepada pihak kepolisian, jika korban adalah seorang anak maka laporan dapat dilakukan oleh orangtua, wali, pengasuh, atau anak yang bersangkutan. Korban atau keluarga dapat juga meminta bantuan dari relawan pendamping (LSM yang bergerak dalam bidang perempuan dan anak), advokat, pekerja sosial, dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) atau Organisasi Bantuan Hukum (OBH) untuk mendampingi serta memperoleh bantuan hukum gratis khususnya bagi masyarakat kurang mampu. Jika menjadi korban tindakan kekerasan dalam rumah tangga  jangan ragu untuk melapor.

Sepanjang kegiatan berlangsung para peserta cukup antusias dalam menyampaikan pertanyaan dan pendapatnya terkait materi yang disampaikan.

 

 

Pelaksanaan Sidang  ISTBAT Keliling di Desa Berkah Kec. Bojonggenteng Kab. Sukabumi

        Pada Hari Jumat Tanggal  23 Maret 2018, bertempat di Balai Desa Berkah Kec. Bojonggenteng Kab. Sukabumi, dilaksanakan Sidang Istbat Keliling, Hasil Kerja sama Pengadilan Agama Cibadak , PEKKA dan Kantor Desa Berkah, dalam pelaksanaan ini langsung dihadiri Ketua Pengadilan Agama CIbadak Bapak Drs Asep Mujtahid M.H. Dalam Sambutannya Beliau menyampaikan terima kasih atas sambutannya dan  Pihak - pihak yang ikut dalam pelaksanaan program ini. Program ini merupakan program rutin yang dilaksanakan untuk meingkatkan pelayanan publik di wilayah Kabupaten Sukabumi.

      

          Program Pelaksanaan ISTBAT Keliling merupakan sekaligus penyuluhan sadar hukum, Ketika kita memutuskan untuk menikah ada aturan negara yang harus dpenuhi, harus di catat oleh negara, kita pernikahan kita tidak tercatat di negara akan mempersulitkan kita dikemudian ketika mengurus administrasi - administrasi negara.

Pelaksanaan Sidang  ISTBAT Keliling di Desa Berkah Kec. Bojonggenteng Kab. Sukabumi dikuti oleh 30 Pasangan Suami Istri

                 Alhamdulillah kegiatan ini terlaksanakan sebagaimana mestinya dan pelaksanaan Sidang ISTBAT Keliling Pada Pengadilan Agama Cibadak akan dilaksanakan di wilayah yang jauh dari Kantor Pengadilan Agama Cibadak di Palabuhan ratu

 

Pembinaan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat di Pengadilan Agama Cibadak

        Pada Tanggal 30 Januari 2018 bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Cibadak , Dilaksanakannya Pembinaan oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat di Pengadilan Agama Cibadak, yang dihadiri seluruh Warga Pengadilan Agama Cibadak, dalam pembinaaan WKPTA jawa Barat, Ketua Pengadilan Agama Cibadak mengucapkan terima kasih dengan kedatangan Yang Mulia WKPTA Jawa Barat untuk melihat perkembangan Pengadilan Agama Cibadak.

Dalam Kesempatan ini WKPTA Jawa Barat menyampaikan Pengadilan Agama Cibadak termasuk Satker yang jauh. Alhamdulillah dapat datang di Pengadilan Agama Cibadak, nikmati pekerjaan walaupun jauh dari rumah. Dengan Perkara yang lumayan banyak harus tetap cermat. putusan perkara tidak boleh salah. Pengadilan Agama Cibadak diharapkan bisa memberikan pelayanan terbaik.

Kabag Perencanaan dan Kepegawaian mengatakan sarana dan prasarana di Pengadilan Agama Cibadak sudah cukup memadai tinggal merapihkan dan menjaga yang sudah ada.

 

 

RAPAT KOORDINASI PEMBAHASAN PROGRAM KERJA TAHUN 2018

 

Pada hari Rabu tanggal 03 Januari 2018, Pengadilan Agama Cibadak melaksanakan Rapat Koordinasi Pembahasan Program  Kerja Tahun 2018, Pembahasan Program Kerja Tahun 2018 dibagi dua Komisi yaitu Komisi Yustisial dan Komisi Kesekretariatan, setiap komisi mempunyai tugas untuk membahas program - program yang akan dilaksanakan pada tahun 2018,

          Rapat Koordinasi ini di pimpin langsung Ketua Pengadilan Agama Cibadak Bapak Drs Asep Mujtahid M.H. beliau menyampaikan dengan adanya Rapat Pembahasan Program Kerja ini diharapkan Penyampaian Target - Target yang ingin di tuju lebih terarah dan penyampaian lebih maksimal.

 

 

 

 

 

        Rapat Pembahasan menghasilkan Program - Program Kerja Tahun 2018 yang akan d capai kemudian Rapat  di tutup dengan  Doa yang di pimpin Bapak Muhamammad Nurmadani S.Ag Semoga Pengadilan Agama Cibadak pada Tahun 2018 dapat meningkatkan Kinerja baik pelayanan Publik bagi Masyarakat dan pelayanan administrasi Kesekretariatan.

 

 

 

 

 

 

UPACARA MEMPERINGATI HARI PAHLAWAN

                 Pada hari Jumat tanggal 10 November 2017 bertempat di halaman Pengadilan Agama Cibadak, dilaksanakannya upacara memperingati Hari Pahlawan, diikuri oleh Pimpinan dan para Pengadilan Agama Cibadak, Wakil Ketua Pengadilan Agama Cibadak bertindak sebagai inspektur upacara ,

            Wakil  Ketua Pengadilan Agama Cibadak menyampaikan sambutannya, para peserta upacara diajak untuk mengenang para pendahulu, pahlawan, perintis kemerdekaan, dan pendiri Republik Indonesia. Sebab karena perjuangan mereka, bangsa Indonesia bisa menikmati hidup sebagai bangsa yang merdeka.

          "Mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan, "Sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

 

 

 

 

 

 

 

Pengadilan Agama Cibadak kelas 1B kini memiliki Ketua yang baru. Hal itu resmi dilaksanakan setelah dilangsungkannya acara Lepas Sambut antara Pejabat lama Dr. H. Acep Saifuddin, SH. M.H kepada Pejabat baru Drs. Asep Mujtahid, M.H yang berlangsung di Aula Sekretariat Daerah (SETDA) Kabupaten Sukabumi Jl. Siliwangi No. 10 Palabuhanratu

Pada Jumat 3 November 2017 Pengadilan Agama Cibadak melaksanakan  Pisah Sambut antara Pejabat lama Dr. H. Acep Saifuddin, SH. M.H kepada Pejabat baru Drs. Asep Mujtahid, M.H yang berlangsung di Aula Sekretariat Daerah (SETDA) Kabupaten Sukabumi Jl. Siliwangi No. 10 Palabuhanratu . Acara tersebut di hadiri oleh Wakil Bupati (WABUP) Sukabumi H. Adjo Sardjono beserta Unsur Forkompimda dan para undangan lainnya.

Dalam acara tersebut Dr. H. Acep Saifuddin, SH, M.H selaku pejabat lama menyampaikan kata permohonan maaf dan ucapan terimakasih kepada seluruh jajaran Pegawai Pengadilan Agama Cibadak yang telah bekerjasama dalam melaksanakan tugas dan amanah selama beliau bertugas selama 1 tahun 6 bulan masa kepemimpinannya. Kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan juga jajaran mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf bila ada kesalahan selama ini dan mengucapkan  "Selamat datang kepada Drs. Asep Mujtahid., M.H yang akan melanjutkan tugas semoga dapat melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya.

Wabup Kab. Sukabumi menyampaikan sambutannya mengucapkan selamat kepada Pejabat lama yang telah melaksanakan amanahnya dengan baik dan selamat mengemban tugas di tempat yang baru, tak lupa juga beliau sampaikan kepada pejabat yang baru ucapan selamat menjalankan tugas di pengadilan Agama Cibadak kelas IB. "Dengan pergantian ketua baru tentunya harus memiliki perubahan yang baru dan lebih bisa meningkatkan lagi pelayanan kepada masyarakat " .

Drs. Asep Mujtahid., M.H selaku Ketua Pengadilan Agama Cibadak yang baru menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung beliau dalam mengemban amanah yang di percayakan kepadanya. "Saya akan melaksanakan amanah yang di tugaskan kepada saya dengan sebaik-baiknya" .

Sebagai penutup acara, dilaksanakan penyerahan cindera mata dari para tamu undangan. Dimulai dari Wakil Bupati Sukabumi , Unsur Forkompimda Kabupaten Sukabumi dan tamu undangan lainnya.

 

 

 

LATIHAN BERSAMA PTWP PENGADILAN AGAMA CIBADAK

Pada hari Jumat Tanggal 20 Oktober 2017, bertempat di lapangan Tenis Hotel Agusta Palabuhanratu, diadakan latihan bersama PTWP Pengadilan Agama Cibadak diikuti dari Ketua,  Wakil Ketua, Para hakim dan rekan Pegawai Pengadilan Agama Cibadak. Latihan ini dimulai sejak 06.15 Wib. Dimana selain melaksanakan Latihan Tenis bersama, kegiatan ini bermaksud meningkatkan kebersamaan dan kekompakan seluruh Warga Pengadilan Agama Cibadak dan akan lahir bibit - bibit calon pemain tenis unggulan dikemudian hari. 

 

 

 

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017 

Senin (2/10)  WIB dilaksanakan upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017 di halaman Pengadilan Agama Cibadak. Ketua Pengadilan Agama Cibadak  dan para hakim dan pegawai memulai upacara jam 08.00 Wib.

Dalam upacara itu, yang menjadi MC yaitu Drs Umi Wardah dan  Naskah Pancasila dibacakan oleh Ketua Pengadilan Agama Cibadak , Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dibacakan oleh Luli Patlia S.H .

Sebelum meninggalkan tempat upacara, Ketua , Wakil Ketua, para hakim dan para pegawai  beramah tamah dengan berfoto bersama

 

 

 

 

 

 

PELANTIKAN WAKIL KETUA PENGADILAN AGAMA CIBADAK Kls I.B

             Pada tanggal 25 September 2017 bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Cibadak, berlangsungnya Pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Agama Cibadak bapak Drs Azwar SH MEI yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua Pengadilan Bukit Tinggi. Pada Pukul 13.00 Wib  acara Pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Agama Cibadak dimulai diawali masuknya Ketua Pengadilan Agama Cibadak Bapak Drs Asep Mujtahid M.H

 

 selanjutnya Pengambilan sumpah jabatan Wakil Pengadilan Agama Cibadak yang dipimpin langsung Ketua Pengadilan Agama Cibadak dan  penandatanganan Pakta Integritas oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Cibadak

 

     Kata sambutan Wakil Ketua Pengadilan Agama Cibadak mengucapkan terima kasih dengan terselenggarakannya acara pelantikan ini dan mengajak bersama - sama memajukan Pengadilan Agama Cibadak, tidak lupa Wakil Pengadilan Agama Cibadak menyumbangkan sebuah lagu pengenalan di Pengadilan Agama Cibadak

 

 

 

 

PEMBINAAN KETUA PENGADILAN TINGGI AGAMA JAWA BARAT

         Pada tanggal 25 September 2017 bertempat di Pengadilan Agama Cibadak, dilaksanakannya pembinaan langsung dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat. kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan bagian dari pembinaan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa barat di seluruh wilayah Satuan Kerja di Jawa Barat. dalam pembinaan di Pengadilan Agama Cibadak, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat menyampaikan kegiatan yang dilakukannya merupakan bagian pembinaan di seluruh Satuan kerja di Jawa barat dan Pengadilan Agama Cibadak merupakan Pengadilan Agama 2 ( dua ) terakhir yang belum dikunjungi dan termasuk wilayah satuan kerja yang jarak tempuh paling jauh di Jawa Barat, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat tidak lupa juga menyampaiankan perihal Maklumat Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia. Dimana Mahkamah Agung sedang dalam keadaan kegentingan, sehingga seluruh Keluarga Mahkamah Agung harus menjaga marwah dan kehormatan Mahkamah Agung. Maklumat Ketua MARI ini mengingatkan pemimpin di setiap Satker harus melakukan pembinaan kepada seluruh bawahannya.

 

 

            Ketua Pengadilan Agama Cibadak juga menyampaiankan ucapan terima kasih atas kedatangan Orang tua kita dan pemimpin kita Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat dalam melaksanakan pembinaan. Pengadilan Agama Cibadak merasa terhormat dengan kedatangan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat. Dengan kedatangan pak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat meningkatkan semangat warga Pengadilan Agama Cibadak dalam meningkatkan Kinerja pekerjaannya.

 

 

Seluruh Pimpinan dan Para Pegawai Pengadilan Agama Cibadak berpoto bareng dengan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa barat sebagai kenangan dan motivasi dalam berkerja.

 

 

 

Sosialisasi Maklumat Ketua MARI

          Pada tanggal 20 September 2017 bertempat di ruang rapat pimpinan Pengadilan Agama Cibadak, dilaksanakan Sosialisasi Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI. Di hadiri seluruh pimpinan, Hakim dan para pegawai Pengadilan Agama Cibadak. Sosialisasi ini di pimpin langsung Ketua Pengadilan Agama Cibadak. Didalam acara sosialisasi ini Ketua Pengadilan Agama Cibadak menyampaikan perihal Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI No. 01/Maklumat/KMA/IX/2017, beliau menyampaikan Mahkamah Agung sedang mengalami keadaan genting sehingga seluruh warga Mahkamah Agung harus menjaga marwah dan kehormatan Mahkamah Agung. Jika Pimpinan sudah memberikan pembinaaan tetapi bawahannya tetap melanggar aturan, pimpinan tersebut tidak bisa dipersalahkan jika terbukti tidak ada pembinaan maka pimpinan akan ikut teribas dengan kelakuan bawahan yang melanggar.

\

Acara Sosialisasi diteruskan dengan seluruh pegawai Pengadilan Agama Cibadak penandatangan surat pernyataan akan bertanggung jawa atas kesalahan yang diperbuat.

 

 

 

RAPAT PERSIAPAN SAPM DI PENGADILAN AGAMA CIBADAK

           Pada Tanggal 16 Agustus 2017 bertempat di Ruang Rapat Ketua Pengadilan Agama Cibadak, dilaksanakan Rapat petrsiapan SAPM di Pengadilan Agama Cibadak. Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Cibadak, dalam rapat tersebut Ketua Pengadilan Agama Cibadak menyampaikan walaupun saya masuk dalam TPM bulan Juli ini dan akan pindah ke tempat lain, persiapan SAPM di Pengadilan Agama Cibadak harus cepat dilaksanakan, karena SAPM merupakan program langsung dari BADILAG yang harus diterapkan di seluruh Pengadilan Agama di Indonesia, program SAPM sangat bermanfaat untuk meningkatkan Kinerja dan pelayanan publik kepada para pencari keadilan. Rapat SAPM membahas pembentukan TIm Asistensi Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu dan mengharapkan kerja sama seluruh warga Pengadilan Agama Cibadak dalam persiapan SAPM di Pengadilan Agama CIbadak.

 

 

UPACARA MEMPERINGATI HUT MAHKAMAH AGUNG KE 72

Pada tanggal 19 Agustus 2017 bertempat di halaaman kantor Pengadilan Agama Cibadak, keluarga besar Pengadilan Negeri Cibadak  dan Pengadilan Agama Cibadak melaksanakan upacara bendera memperingati HUT Mahkamah Agung RI Ke-72 yang bertempat di lapangan Pengadilan Negeri Cibadak. Pada upacara ini selaku Pembina Upacara adalah Wakil Ketua Pengadilan Negeri Cibadak Bapak MATEUS SUKUSNO AJI, SH., M.Hum. acara ini diikuti oleh para Hakim, Pejabat Struktural, Pegawai dan Honorer dari Pengadian Negeri Cibadak maupun Pengadilan Agama Cibadak. Pada peringatan HUT Mahkamah Agung RI Ke-72 ini mengusung tema "Dengan Badan dan Jiwa yang Sehat kita Wujudkan Badan Peradilan Indonesia Yang Agung".

 

 

UPACARA HARI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA Ke - 72

          Pada Hari Kamis Tanggal 17 Agustus 2017 bertempat di Halaman Kantor Pengadilan Agama Cibadak dilaksanakannya Upcara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, yang diikuti seluruh pimpinan dan para pegawai Pengadilan Agama Cibadak.

           Pukul 08.00 WIB Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 dimulai, bertindak sebagai Inspektur Upcara Ketua Pengadilan Agama CIbadak Dr. H Acep Saifuddin S.H M.Ag dan yang menjadi pemimpin upacara Dedi Sutiadi S.H.

         Pengibaran bendera merah putih dilaksanakan oleh Mahasiswa yang sedang melaksanakan PPL di Pengadilan Agama CIbadak, rangkaian lainnya yaitu pembacaan Teks Proklamasi yang dibacakan oleh  Wakil Ketua Pengadilan Agama Cibadak Drs. H. Alimuddin S.H M.H , pembacaan Teks Pancasila oleh Ketua Pengadilan Agama CIbadak Dr. H Acep Saifuddin S.H M.Ag , pembukaan Undang Undang Dasar 1945 oleh Oki Oktavianda dan ditutup oleh Do’a yang dibacakan oleh Muhammad Nurmadani S.Ag.

        Dalam Ucapara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Ketua Pengadilan Agama Cibadak menyampaikan bahwa Moment Hari Kemerdekaan Republik Indonesia bukan akhir dari perjuangan tetapi awal dari perjuangan yang lebih keras, Para Pimpinan dan Pegawai Pengadilan Agama Cibadak harus meneruskan perjuangan para pejuang dengan melaksakan pekerjaan dengan baik dan memberikan pelayanan publik yang optimal. 

 

Serah Terah Mahasiswa STAI AL - Masturiyah

             Pada Hari Selasa Tanggal 15 Agustus 2017 di Ruang  Sidang Utama Pengadilan Agama Cibada, dilaksanakan acara serah terima Mahasiswa STAI AL Masturiyah untuk melaksanakan Pratikum Lapangan Peradilan, Pengadilan Agama Cibadak menerima mahasiswa STAI AL Masturiyah sebanyak 31 Mahasiswa. Didalam acara tersebut Ketua Prodi Hukum Ekonomi Syariah STAI Al Masturiyah menyampaikan kata sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada Ketua Pengadilan Agama Cibadak telah meluangkan waktu dan menerima dengan baik kedatangan Mahasiswa STAI AL Masturiyah di Pengadilan Agama Cibadak untuk melakukan Pratikum Lapangan. STAI AL - Masturiyah bermaksud memperkenalkan anak - anak kami praktik peradilan secara langsung, dimana antara teori yang di ajarkan dengan praktik di lapangan terkadang sering berbeda.                 

                                               ( Para Pimpinan dan Peserta menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya )

            Selanjutnya Ketua Pengadilan Agama Cibadak Dr. H. Acep Saifuddin S.H M.Ag menyampaikan kata sambutannya, mengucapkan selamat datang dan selamat belajar untuk Mahasiswa STAL AL Masturiya, adik - adik mahasiswa akan belajar dari proses perkara, penerimaan perkara, persidangan sampai dikeluarkannya produk Pengadilan Agama Cibadak. Mahasiswa juga akan belajar baik di kepaniteraan dan di kesekretariatan. Ketua Pengadilan Agama Cibadak berpesan untuk tetap menjaga nama baik STAI AL Masturiyah.

( Ketua Pengadilan Agama Cibadak secara simbolis menerima Mahasiswa STAI Al Masturiyah dalam rangka Praktikum Lapangan )

                   Acara Serah Terima Mahasiswa STAI AL - Masturiyah di tutup dengan pembacaan Doa.

 

SIDANG ITSBAT TERPADU DI KECAMATAN NYALINDUNG

        Pada tanggal 28 Juli 2017 bertempat di Kantor Desa Cijangkar Kecamatan Nyalindung Kab. Sukabumi, dilaksanakan Sidang ITSBAT Terpadu yang merupakan hasil kerja sama antara Pengadilan Agama Cibadak , Pemerintah Kab. Sukabumi khususnya Dinas Dukcapil dan Kemenag Kab. Sukabumi. Dalam kegiatan ini Kepala Dinas Dukcapil Kab. Sukabumi berterima kasih atas kerja sama semua pihak atas terselenggaraanya Kegiatan SIdang ITSBAT terpadu ini, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat disini baik untuk keperluan pencatatan akta kelahiran dan pencatatan pernikahan yang belum tercatat di KUA.

           Ketua Pengadilan Agama Cibadak menyampaikan bahwa bersyukur dapat bekerja sama dengan  Dinas Dukcapil, Kemenag Kab. Sukabumi dan Kegiatan ini terlaksana berdasarkan anggaran DIPA 04 yang diberikan oleh Mahkamah Agung RI dan menjelaskan tugas dan kewenangan Pengadilan Agama dalam rangka memberikan Pelayanan kepada masyarakat.