logo

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

JADWAL SIDANG

jwdl sdngPengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

INFORMASI PERKARA

sippabc

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

DIREKTORI PUTUSAN

put dir

Publikasi putusan sebagai bentuk keterbukaan informasi dan layanan kepada masyarakat dalam mengakses putusan.

BIAYA PERKARA

pnjr

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

 Sidang Itsbat Terpadu Pengadilan Agama Cibadak 

dengan Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi

dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sukabumi 

Pengadilan  Agama  Cibadak melaksanakan Sidang Itsbat Terpadu dengan Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sukabumi pada hari Jum’at 19 Juni 2020. Acara tersebut dilaksanakan di Kantor Desa Sukasirna, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Selain dari instansi tersebut, juga di dukung oleh Yayasan PEKKA (Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga) Desa Sukasirna. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Cibadak, Drs. H. Arif Mukhsinin, S.H, M.H, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat Dr. M. Taufiq HZ, M.H.I, Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat Drs. H. Ach Jufri, S.H, M.H, Perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi oleh Asisten Daerah 1 , Perwakilan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi oleh Kepala Bimas Islam Kab.Sukabumi yaitu Bapak H. Hipni, M.Si dan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Cibadak serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Sukabumi. Setidaknya ada kurang lebih 30 pasangan suami istri yang datang pada acara tersebut. Para peserta berasal dari Kecamatan Cibadak dan beberapa dari Kecamatan Parungkuda. Sidang yang dimulai pukul 8 pagi tersebut berhasil mencatatkan prestasi baru dari gabungan Pengadilan Agama dan Pemda Kabupaten Sukabumi dengan menghasilkan 30 akta nikah baru serta beberapa perbaruan data kartu keluarga yang kedepannya akan dilanjutkan dengan penerbitan akta kelahiran.

1st4 st2st

7 st9 st

 

Pembukaan acara ini diharapkan dapat menjadi solusi khususnya bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pengukuhan atas pernikahan berupa akta nikah serta dokumen penunjang lainnya. Manfaat juga dapat dirasakan oleh Pemda setempat karena akan semakin mempermudah dalam proses pendataan warga. Untuk kedepannya acara seperti akan menjadi acara rutin Pengadilan Agama Cibadak dalam rangka memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Sukabumi dengan system “jemput bola” ke kantor kantor Kecamatan setempat.

berita dapat dilihat juga di https://youtu.be/N1GduAszDZc

 

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat beserta Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat didampingi oleh Ketua Pengadilan Agama Cibadak dan Panitera Pengadilan Agama Cibadak juga meninjau ke Kantor Lama Pengadilan Agama Cibadak tepatnya di Jl. Raya Karangtengah, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi,  yang juga akan dilaksanakan Sidang Keliling di lokasi tersebut. 

5  11

 

 

 

 

  • Prosedur Bantuan Hukum
  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Pengaduan

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

posbakumMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Selengkapnya

Tata Cara Permohonan Informasi

typo colorSecara umum tatacara memperoleh layanan informasi adalah sebagai berikut a. Prosedur Biasa; dan b. Prosedur Khusus. a. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik; b. Informasi yang diminta bervolume besar; c. Informasi yang diminta belum tersedia; atau d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik

Selengkapnya

Syarat Dan Tata Cara Pengaduan

pengaduanSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

Selengkapnya

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama  Cibadak

Jl. Jenderal Sudirman No. 3, Komplek Perkantoran OPD

Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi

Provinsi Jawa Barat

Telp: 0266-432666 
Fax: 0266-432667

email. This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Tautan Aplikasi