logo

Written by Super User on . Hits: 24

Dalam rangka meningkatkan informasi pengadilan Agaama kepada masyarakat pencari keadilan, Mahkamah Agung RI mewajibkan kepada semua peradilan yang berada dibawahanaya untuk mempublikasi putusan yang dijatuhkannya. Publikasi Putusan itu sendiri harus dilaksanakan secara one day publish yaitu putusan harus dipublish sesaat setelah putusan dibacakan selambat lambatnya satu hari;.

Ditjen Badan Peradilan Agama (Badilag) mengambil kebijakan bahwa putusan yang dijatuhkan selama 5 (lima) tahun terakhir ini yaitu tahun 2016, 2017, 2018, 2019 dan 2020 harus terpublish 100%. Sebagai wujud komitmen Badilag atas kebijakan tersebut, maka setiap minggu Badilag mengumumkan atau mempublikasikan atas capaian kinerja publikasi putusan tersebut melalui SIPP;.

Atas adanya perintah dari   Badilag Ketua Pengadilan Agama Cibadak mengambil langkah-langkah konkrit agar putusan terpublish dengan baik dan sesuai dengan perintah Badilag,   diusahakan  supaya mencapai 100%. Berbagai upaya dilakukan, antara lain menjalin koordinasi yang bersinergi antara Majelis Hakim, panitera pengganti dan admin SIPP.

Ketua Pengadilan Agama Cibadak dan Panitera Pengadilan Agama Cibadak tidak bosan-bosannya mencek setiap saat untuk memastikan bahwa semua putusan telah diinput dan telah sinkron pada SIPP nasional. Disebutkannya, publikasi putusan harus tersinkron setiap hari sebanyak tiga kali Pagi, siang dan sore (sebelum pulang)

“Saya selalu memonitor tentang input putusan dan selalu memastikan agar tersinkron dengan SIPP nasional yang dapat dilihat pada Simtalak,” ujar Pupu Saripuddin, S.Ag sebagai Panitera Pengadilan Agama Cibadak;

Apa yang dilakukan oleh Ketua dan Panitera Pengadilan Agama Cibadak membuahkan hasil yang maksimal  yaitu publikasi putusan masuk ke SIMTALAK BADILAG mencapaia 100%. Dalam waktu dua hari yang putus tahun 2016,2017,2018, 2019 dan 2020, meskipun Putusan Pengadilan Agama Cibadak cukup banyak namun karena kekompkan dan kerja keras para Pegawai Pengadilan Agama Cibadak dan serta atas dorongan Ketua dan Panitera  Pengadilan Agama Cibadak sehingga putusan tersebut selesai;.

Ketua Pengadilan Agama Drs.H. Arif Mukhsinin,SH,MH memuji terhadap kinerja Pegawai Pengadilan Agama Cibadak dan Tim IT Pengadilan Agama Cibadak yang begitu kompak. sehingga dalam peneyelesaian publikasi putusan tersebut lancar dan sukses,  atas kelancaran dan kesuksesan tersebut  sehingga Pengadilan Agama Cibadak dalam Publikasi Putusan asalnya Zona merah menjadi  Hijau, untuk menjadi hijau tersebut harus melangkahi tiga zona  yaitu ,zona merah, zona ungu dan zona kuning, mudah mudahan kesuksesana tersebut dapat dipertahankan untuk selanjutnya dan dapat dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan;

Ketua Pengadilan Agama Cibadak selalu memberikan arahan kepada Panitera supaya selalu memonitor tentang input putusan ke direktori putusan agar tetap tercapai 100%.. (abd)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama  Cibadak

Jl. Jenderal Sudirman No. 3, Komplek Perkantoran OPD

Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi

Provinsi Jawa Barat

Telp: 0266-432666 
Fax: 0266-432667

email. This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Tautan Aplikasi