Seputar Peradilan

PEMERIKSAAN BADAN PEMERIKSA KEUANGAN ( BPK-RI )

DI PENGADILAN AGAMA CIBADAK

 

BPK1

 

Pengadilan Agama Cibadak pada penghujung bulan Oktober 2018 tepatnya pada tanggal 31 Oktober 2018 dikunjungi Oleh Tim Badan Pemeriksan Keuangan Republik Indonesia ( BPK-RI ) dalam rangka pemeriksaan dan permintaan dokumen seperti Laporan Aset atau Barang Milik Negara ( BMN ).

Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia ( BPK-RI ) merupakan suatu lembaga yang diakomodir untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab tentang keuangan dan pemeriksa keuangan yang bebas dan mandiri. Selain itu, BPK-RI juga berfungsi untuk mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan, keuangan negara dan pengelolaannya secara tertib serta transparan.

Pengadilan Agama Cibadak disamping memiliki tugas pokok secara yudikatif juga merangkap sebagian tugas eksekutif (pemerintahan). oleh karenanya Pengadilan Agama Cibadak siap untuk diaudit dan atau diperiksa. Pemeriksaan sendiri memiliki arti suatu proses identifikasi masalah, analisis dan evaluasi yang dilakukan secara independen, obyektif serta profesional melalui standar pemeriksaan, untuk menilai kebenaran dan kevalidan informasi data pengelolaan ataupun tanggungjawab keuangan negara.

Akhirnya, pada hari Rabu sore Pemeriksaan selesai dan tim dari BPK RI langsung meninggalkan Kantor Pengadilan Agama Cibadak untuk menjalankan tugas-tugas berikutnya.*Admin*